About

Minggu, 15 Mei 2011

sebagian prasangka itu dosa

”Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka! Karena sebagian dari prasangka itu adalah dosa.” (Al-Hujurat: 12)
Tidak lama ini terjadi peristiwa yang (kembali) membuat saya mencaci diri saya. Atas sikap saya yang telah berburuk sangka dengan seseorang dari keluarga saya, sepupu saya tepatnya. Bahkan tidak hanya prasangka, saya telah menuduhnya mencuri ponsel saya meskipun dia (sepupu saya) tidak tahu saya menuduhnya. Tapi saya menganggap itu adalah hal buruk dari saya yang sedang belajar saat ini.

Berawal dari sepupu saya yang masih berumur belasan tahun itu datang ke rumah untuk bermain ps. Keluarga yang lain memang sering mewanti-wanti kalau sepupu saya yang satu ini memang sedikit berbeda dengan sepupusepupu saya yang lain, jadi harus lebih waspada terhadap barang-barang berharga jika dia di rumah. Namun saya tetap berbaik sangka, dan tidak berpikir macammacam. Sampai ketika keesokan harinya saya sadar, kalau salah satu dari ponsel saya hilang. Saya yakin ponsel itu saya letakkan di kamar, dan saya juga telah sangat yakin telah mengobrak-abrik kamar mencari ponsel tersebut. Dan lagi bodohnya saya mengatakan masalah ini kepada ibu saya dan langsung mengambil kesimpulan menuduh sepupu saya ini.

Seharian dalam prasangka buruk akhirnya keesokan harinya saya coba kembali memeriksa kamar saya, dan Alhamdulillah Alloh masih menjaga saya dari prasangka buruk yang berkelanjutan. Saya menemukan ponsel di atas lemari saya. Aneh memang, kenapa bisa? Tapi saya tak ingin berpusing-pusing ria dan sesegera mungkin mengabarkan kesalahan saya ini ke semua orang yang ada di rumah, agar mereka juga tidak berburuk sangka lebih lanjut.

Pengalaman berharaga yang membuat saya tersadar diri. Masingmasing dari kita memang harus waspada terhadap prasangka buruk. Jikapun seandainya kita menyaksikan sikap atau sifat seseorang "yang tidak mengenakkan", kita tetap harus berpikir positif. Menyikapinya dengan cara pandang yang positif.

Saya menganggap itu adalah pelajaran berharga yang diberikan Alloh kepada saya agar saya tidak lagi berburuk sangka.

 Dan Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, ” Jauhkanlah dirimu dari prasangka buruk, karena sesungguhnya prasangka itu adalah perkataan yang paling bohong.” (Hadis Muttafaq’alaih).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar